Tebing Keraton Bandung

Posted By Aberta Rental on Aug 18, 2014 | 0 comments


Tebing Keraton Bandung

Tebing Keraton

Tebing Keraton berada di kawasan Dago Bandung. Masyarakat setempat umumnya mengenal bukit dan tebing itu dengan nama Pasir (bukit) Jontor ada juga yang menyebutnya Cadas Jontor. Tebing ini terletak di Desa Ciburial RW 10 di Kampung Ciharegem.

Sebagaimana namanya, tempat ini merupakan tebing yang sangat curam. Di bawahnya terhampar hutan pinus seperti permadani hijau. Di atas bebatuan yang agak menonjol itulah kita bisa menikmati keindahan alam yang elok. Jika kita foto dari atas, seakan kita sedang melayang. Indah luar biasa.

Tebing Karaton ini ada di atas Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda. Sehingga dari atas tebing ini, anda bisa menyaksikan hijaunya pemandangan Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda yang menghampar luas sepanjang mata memandang. Pemandangan ini pun akan bertambah indah, jika anda datang sebelum matahari terbit atau kira-kira jam 6 pagi. Pada saat itu, anda bisa menikmati suasana kota Bandung yang masih berselimut kabut tebal. Ditambah dengan keindahan matahari terbit di balik bukit yang ada di sebelah timur. Semua keindahan panorama alamnya ini memang paling pas, jika anda abadikan dengan kamera anda.

Tidak sulit untuk mencapai Tebing Keraton. Dari pusat kota Bandung, bertolaklah ke arah Dago Pakar, kemudian ke arah Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda. Setelah pintu gerbang Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda, beloklah ke kanan. Anda akan melewati rumah-rumah besar dan kemudian perkampungan. Setelah itu Anda akan sampai di sebuah warung dengan baliho besar bertuliskan ‘Warung Bandrek’ alias Warban. Perjalanan belum selesai, pacu kendaraan Anda melewati tanjakan dan jalan berbatu sampai pos teratas, langsung di Tebing Keraton. Di sini, anda bisa memarkir motor dan mobil. Untuk mencapai tebing tersebut, anda hanya perlu berjalan kaki tak sampai 5 menit.

Tebing Keraton memiliki view yang sangat menarik, di Tebing Keraton suasana lebih hijau berbeda dengan bukit moko atau bukit bintang yang menyuguhkan gemerlap cahaya kota bandung. Tebing Keraton lebih alami, sehingga tidak bisa dibuat oleh manusia. Oleh karena itu kenikmatannya pun berbeda, karena disuguhkan oleh sang Pencipta.

Dijamin bagi para pengunjung tak akan menyesal untuk datang ketempat ini. Bagi yang mau liat sunrise dan kabut silahkan datag di pagi hari pukul 06.00 dan jangan lupa bawa jaket, untuk yang mau pas matahari terbenam dengan cahaya orange maka silahkan di sore hari pukul 16.00. Siapkan kamera dan handphone untuk selfie dan posting di akun instagram, path, twitter dan social media lainnya biar eksis.

Nah bagaimana ya menuju kesana??

Tebing Keraton tidak sulit untuk dicapai karena hanya ditempuh dengan perjalanan 15 menit saja dari pusat Kota Bandung. Dengan tujuan ke arah utara menuju Ciburial (Dago Pakar), kemudian ke arah Tahura Djuanda.

Setelah pintu gerbang Tahura Djuanda, beloklah ke kanan. Anda akan melewati rumah-rumah besar dan kemudian perkampungan penduduk Desa Ciburial. Setelah itu Anda akan sampai di sebuah warung dengan baliho besar bertuliskan ‘Warung Bandrek’ atau Warban.

Perjalanan belum selesai, pacu kendaraan Anda melewati tanjakan dan jalan berbatu ke arah Kampung Ciharegem Puncak (RW 10). Di Ciharegem Puncak, anda bisa memarkir motor dan mobil. Untuk mencapai, Tebing Keraton, anda hanya perlu berjalan kaki tak sampai 5 menit.

Bagi yang mau sederhana dan ga mau ribet bisa memakai jasa rental mobil di bandung baik untuk wisata ke Tebing Keraton atau objek wisata Bandung lainnya seperti Tangkuban Perahu, Kawah Putih dan wisata populer lainnya di Bandung.

Leave a Reply

%d bloggers like this: